24 September 2016

Potong Kuku Bayi Baru Lahir

Potong Kuku Bayi Baru Lahir - Kegiatan potong memotong kuku merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh orang dewasa minimal 1 kali dalam sebulan. Namun, jika memotong kuku bayi baru lahir tentu sedikit berbeda. Tidak bisa disamakan seperti memotong kuku pada orang dewasa. Perbedaan yang mencolok tentu karena ukuran jemari yang lebih kecil membuat kita harus ekstra hati-hati ketika memotong kuku bayi. Untuk itu, simak ulasan Varishaa.com bagaimana cara potong kuku bayi yang baik dan benar agar tidak terluka. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi ketika kami pertama kali memotong kuku baby Varisha yang baru lahir.

Potong Kuku Bayi Baru Lahir
Cara Potong Kuku Bayi

Potong Kuku Bayi Baru Lahir

Cara potong kuku bayi yang memiliki jari jemari kecil bahkan kuku jari yang sangat kecil membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran yang ekstra. Jika dalam kondisi tidak mood, kami sarankan untuk tidak meneruskan proses pemotongan kuku bayi. Berikut tips potong kuku bayi baru lahir:

1. Siapkan Peralatan yang Memadai

Alat untuk memotong kuku bayi sedikit berbeda dengan alat potong kuku orang dewasa. Perbedaannya terletak pada ukuran dan bentuk. Ukuran alat potong kuku bayi lebih kecil dan bentuknya tidak selalu berbentuk V seperti alat potong kuku pada umumnya. Bentuknya ada yang seperti Gunting yang ujungnya tumpul atau membulat agar tidak melukai bayi. Ukuran dan bentuknya bisa Bunda lihat seperti gambar di bawah ini.
gunting kuku bayi
Gunting Kuku Bayi
Gunting kuku bayi juga biasanya ada yang mampu mengukur panjang kuku sehingga ketika dipotong tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Bunda bisa membeli gunting kuku bayi ini di toko-toko perlengkapan bayi dengan harga yang bervariasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget ya Bunda.

2. Pilihan Waktu yang Tepat

Ketika memotong kuku bayi baru lahir, usahakan memilih waktu yang tepat agar bayi dapat dengan mudah dipotong kukunya. Bayi baru lahir biasanya memiliki kuku yang panjang, bagi bayi yang aktif bergerak berpotensi melukai wajah karena goresan dari kuku yang tajam. Waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi adalah ketika Bayi Sedang Tertidur, Bayi Sedang Menyusui, dan Bayi Baru Selesai Mandi. Paling nyaman adalah ketika bayi baru selesai mandi, kemudian diajak menyusui oleh Bunda hingga tertidur. Ini adalah waktu yang paling tepat. Setelah mandi, kondisi kuku lebih melunak sehingga mudah dipotong. Pada saat tertidur, bayi dapat dengan mudah dipegang dan kita dapat lebih konsentrasi memotong kuku bayi tanpa was-was melukai jemarinya.
potong kuku bayi ketika tertidur
Potong Kuku Bayi Ketika Tertidur

3. Pencahayaan Ruang yang Memadai

Setelah memilih waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi baru lahir, faktor selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah Pencahayaan Ruang yang memadai. Jangan memotong kuku bayi pada ruangan yang memiliki pencahayaan kurang karena berisiko melukai jari bayi. Usahakan pada cahaya yang terang sehingga Bunda bisa memotong dengan penuh konsentrasi tanpa berisiko melukai jemari buah hari tercinta.

4. Potong Kuku Mengikuti Lekuk Jari

Bentuk kuku bayi berbeda-beda layaknya kuku orang dewasa, untuk memotongnya usahakan mengukuti bentuk lekukan kuku jari. Namun, jika hal tersebut sulit untuk dilakukan, Bunda dapat memotong kuku lurus rata atau tidak mengikuti bentuk lekukan kuku jari. Hal yang paling utama adalah tidak memotong kuku terlalu pendek atau terlalu panjang. Sisakan beberapa mili agar bayi tetap merasa nyaman.

5. Siapkan Tisu dan Antiseptik

In case, Bunda bisa menyiapkan tisu dan antiseptik jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Letakkan tisu dan antiseptik tidak jauh dari jangkauan sehingga dapat dengan cepat mengantisipasi jika terjadi luka.

6. Potong Kuku Bayi secara Teratur 

Perkembangan bayi yang cepat membuat kita harus sering-sering memperhatikan panjang kuku bayi. Pada bayi baru lahir yang sering berjemur dan terkena sinar matahari pagi secara langsung tentu memiliki perkembangan kuku yang sangat cepat. Pengalaman kami pada baby Varisha harus memotong kukunya minimal seminggu sekali karena kuku baby Varisha cepat panjang. Bunda dapat bergantian memotong kuku dengan sang Ayah agar kedekatan keluarga semakin harmonis.

Itulah ulasan mengenai Potong Kuku Bayi Baru Lahir, semoga bermanfaat dan terus semangat membangun generasi muda yang tangguh. Salam sehat keluarga Indonesia.

Potong Kuku Bayi Baru Lahir

Related Posts

Potong Kuku Bayi Baru Lahir
4/ 5
Oleh