24 September 2016

Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap?

Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap - Melihat perkembangan buah hati dari hari kehari merupakan kenikmatan yang tak terhingga. Terlebih bayi yang kita sayangi semakin hari semakin lincah dan menggemaskan. Bagi Mahmud (baca: Mamah Muda) yang baru memiliki buah hati tentunya bertanya-tanya kapan bayi bisa tengkurap? Untuk itu, mari kita bahas serba serbi mengenai bayi tengkurap umur berapa bulan.

Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap
Bayi Tengkurap (anisasaptari.wordpress.com)

Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap?

Usia bayi dapat tengkurap normalnya adalah 3-6 bulan. Namun, masing-masing bayi memiliki gerak motorik yang berbeda-beda satu sama lainnya. Berdasarkan pengalaman, banyak juga bayi yang sudah dapat tengkurap di usia 1-2 bulan. Itu semua tergantung dengan motorik bayi. Bayi yang aktif menggerakkan kedua tangan dan kaki biasanya lebih cepat tengkurap. Ditambah bayi yang menggunakan ASI sebagai asupan utama memiliki rangsangan lebih untuk tengkurap karena posisi menyusui yang agak miring ke sebuah sisi tertentu.

Bagi Bunda yang cemas kenapa bayi kesayangan di usia 4 bulan, 5 bulan atau 6 bulan belum bisa tengkurap sedangkan anak tetangga sudah bisa tengkurap di usia 2 bulan, jangan terlalu khawatir dan berkecil hati. Bunda harus tetap tenang karena itu hal yang Normal.

Namun, bagaimana bagi bayi yang > 6 bulan belum juga bisa tengkurap? Bunda bisa mencoba memberi rangsangan kepada bayi kesayangan dengan cara sebagai berikut:
  1. Tengkurapkan bayi di atas perut Bunda.
    Dengan posisi perut bertemu perut membuat bayi nyaman dan merasa terlindungi karena kedekatan antara bayi dan Bunda. Detak jantung yang dirasakan bayi juga mempengaruhi keintiman Bunda dan bayi kesayangan. Buat dia merasa senyaman mungkin.
  2. Tengkurapkan bayi di atas kedua paha Bunda.
    Posisi ini merangsang otot leher agar lebih kuat sehingga dapat melatih bayi untuk mengangkat kepala dimana kekuatan otot leher sangat penting ketika bayi mulai belajar untuk tengkurap. Ketika bayi sudah dapat mengangkat kepalanya, kita tidak perlu terlalu khawatir ketika dia mulai tengkurap karena mulut dan hidungnya tidak akan menempel sehingga dapat bernapas dengan lega. Namun bunda harus tetap mengawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Pilihlah waktu yang Tepat. Bunda dapat memilih waktu yang tepat kapan mengajak si buah hati untuk belajar tengkurap. Disarankan ketika bayi sedang aktif bergerak pada siang hari. Sangat tidak disarankan untuk melatih bayi tengkurap sebelum atau sesudah makan. Karena lapar, biasanya bayi akan menjadi rewel dan tidak bisa diajak untuk berlatih tengkurap. Jika setelah makan atau menyusui, bayi biasanya akan muntah ketika diajak untuk tengkurap.
  4. Durasi berlatih tengkurap.
    Untuk bayi berumur 2 atau 3 bulan dan memang memiliki motorik yang aktif, Bunda dapat mengajarkan tengkurap 2-3 menit dalam sehari. Jika bayi sudah mampu mengangkat kepala dengan kuat dan sudah terbiasa tengkurap, durasi tengkurap bisa ditambah menjadi 5-7 menit sehari.
usia bayi bisa tengkurap
Posisi Melatih Bayi Bayi Tengkurap (wikihow.com)

Itulah ulasan yang dapat diberikan mengenai kapan waktu bayi bisa tengkurap dan tips melatih bayi tengkurap. Bagi bunda yang memiliki pengalaman pada umur berapa bulan bayi bisa tengkurap dapat berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Untuk Bunda yang sampai saat ini bayinya belum bisa tengkurap jangan menyerah, terus latih bayi kesayangan dan berikan support dengan sepenuh hati.

Demikian tulisan mengenai Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap? Semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan yang ingin Bunda ketahui. Salam hangat Keluarga Sehat Indonesia.

Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap

Related Posts

Umur Berapa Bulan Bayi Bisa Tengkurap?
4/ 5
Oleh